PKBM

SEKILAS  &  PROFIL   YAYASAN.

MITRA FAJAR LESTARI

Jl  Serma Gejer  Tegallinggah . Telp/Fax ( 0363 )21454

Yayasan  Mitra Fajar Lestari  dibentuk karena ada idealisme bagaimana konsep penguatan Tiga Pilar Kelembagaan ( Perusahaan, Koperasi dan Yayasan )  bisa dilaksanakan dengan pendekatan Holistik,dalam arti tidak digarap sepotong-sepotong ,tumpang tindih, hanya formalitas dan terlalu mudah untuk diintervensi oleh pihak-pihak Extern. Keberadaan Yayasan  Mitra Fajar lestari  akan berupaya menempatkan diri menjadi simpul, Perekat dan menjadi lembaga penyeimbang dan simpul disamping sebagai bagian ketiga Pilar Kelembagaan, juga mensinergikan dengan  Lembaga Tradisional seperti Lembaga  Adat Lembaga Swadaya dan Dinas/ Instansi serta memayungi sehingga saling bersinergi dan saling menguatkan .

Dalam menterjemahkan keterpaduan antar Lembaga dalam menyingkrunkan Program, sehingga tidak Tumpang tindih, digarap sepotong-sepotong dan tidak berkelanjutan, hal inilah menjadi PR bagi Lembaga Tiga Pilar saling berkoordinasi dengan pihak –pihak diluar Lembaga, sehingga Program menjadi terwujud dengan baik ,efektif dan Tepat Sasaran. Tepat Sasaran saja belumlah cukup, tapi perlu bagaimana yang sudah diwujudkan bisa berkesinambungan suatu Program secara berkelanjutan.

Pada periode terdahulu banyak  program yang diperuntukkan untuk Masyarakat  dari Pemerintah namun hampir  sebagian besar programnya berupa pendekatan dari atas (Top Down)  sehingga  begitu program dilaksanakan ,justru masyarakat tidak tahu dan merasa tidak dilibatkan serta  merasa hanya dipakai sebagai obyek bukan subjek sehingga peran partisifatif masyarakat dan rasa memiliki program tidak begitu nampak. Begitu pula peran pemerintah dalam menciptakan magnet-magnet penarik di setiap Daerah  , disetiap Wilayah  belum begitu optimal.

Berbicara tentang Keterpaduan, apalagi program di Sektor Pemerintah Daerah saja, antar Dinas/ Instansi terlalu sering sasaran yang digarap terkesan ego sektoral, tidak tuntas dan tidak berkelanjutan. Belum lagi program Propinsi dan Pemerintah Pusat. Hal inilah mendorong terbentuknya Yayasan Mitra Fajar Lestari, disamping menguatkan Tiga Pilar Kelembagaan, juga sebagai Partner Pemerintah dalam melakukan Perencanaan dan Pelaksanaan Program, baik dilakukan secara Mandiri, Kerjasama ataupun selaku pihak Pendamping, sebagai mediator antara Pelaku dan Pemerintah.

Alasan lainnya juga Pembentukan Lembaga Yayasan  “ Mitra Fajar Lestari “ :

  1. Melengkapi Kelembagaan  dan Menguatkan Konsep Tiga Pilar dari Kelembagaan, seperti Keberadaan Perusahaan dan Koperasi, untuk bisa saling bersinergi dan saling menguatkan, bisa melakukan pendampingan dari Hulu sampai Hilir secara berkelanjutan.

Tema/ Topik nantinya yang akan dijadikan focus Program mengarah ke Program Organik secara Luas, disemua sector, baik itu menyangkut suatu Product atau Jasa. Konsep Organik dan Implementasinya akan menjiwai setiap program atau kegiatan yang akan dijalankan. Karena disadari bahwa  Tema Organik nantinya akan berjalan bersamaan dan keterpaduan dengan Sektor-Sektor Lainya.

Yayasan ini tentunya punya misi sebagai Lembaga yang bisa memberikan contoh-contoh riil di Lapangan dengan pendekatan terpadu lintas sektoral dan lintas wilayah dalam bentuk jaringan informasi dan kerjasama yang saling menguntungkan dan mampu nantinya mencitrakan bahwa lembaga Yang Layak Dipercaya, dan bisa mencitrakan dirinya sebagai Lembaga Modern dan berwawasan Global tanpa meninggalkan jati diri Budayanya. Dan program- program nantinya berbasis masyarakat   yang diperkuat dengan pemanfaatan Teknologi Informasi / Internet .

Dalam mewujudkan program  tersebut diatas Yayasan “Mitra Fajar Lestari mencoba melaksanakan Program yang terdiri dari berapa Pembidangan , dan dimasing-masing Pembidangan akan dikoordinir oleh Tenaga-Tenaga Ahli dan Trampil dibidangnya masing- masing  yaitu:

  1. 1. Bidang Media :
  • Membuat Media Cetak untu kepentingan Lembaga, Mengelola Radio Komunita untuk Sosialisasi dan Menyebarkan Informasi Kegiatan.
  1. 2. Bidang Ketenaga Kerjaan.
  • Menyalurkan Tenaga Kerja Trampil bekerjasama dengan Biro  / Agen Tenaga Kerja.
  1. Bidang Pendidikan Non Formal , Kursus-Kursus :
  • Kesetaraan SD , SMP, SMA ( Kejar Paket ).
  • Pelatihan Ketrampilan / Life Skill.
  1. 4. Bidang Konsultan  Dan Pendamping.
  • Lembaga Pendamping Petani atau Kelompok
  • Melakukan Demplot pada Kelompok-Kelompok Sasaran.
  • Lembaga BDS ( Bisnis Development Services ), atau disebut layanan Pengembangan Bisnis ( LPB )..
  1. Bidang Adat Dan Agama. Dan Pariwisata.

Perizinan Yang Dimiliki Yayasan “ MITRA FAJAR LESTARI “Tanggal / Tahun

Berdiri             : 11 Agustus 2003

Perizinan         : Akte 1/ 2003 Tanggal 11 Agustus 2003

Notaris                        :  I Wayan Robed

NPWP             :  01.960.107.9-902.000

Izin Dinas Pendidikan            :  37 / I. 19 / PNF.KR.ASEM TANGGAL 2 APRIL 2008.

  1. Izin Operasional PKBM
  2. Izin Kesetaraan ( Kejar Paket A,B dan C )
  3. Izin Penyelenggaran Kursus-kursus / Life Skill

Pengalaman Yayasan  “ MITRA FAJAR LESTARI “

  1. Menyelenggarakan program penyetaraan SMA di Bukit Tahun 2003-2006 dengan peserta 20 orang
  2. Program Pelatihan mengukir kayu di Desa Tegallinggah kerjasama dengan PMTK Karangasem Tahun 2002
  3. Pelatihan dengan AUSAID membuat Frame Mozaik tempurung kelapa Tahun 2003
  4. Ikut temu Nasional PKBM se Indonesia di Kaliurang Yogyakarta Tahun 2004.
  5. Sanggar Telematika melaksanakan Pelatihan Internet pada tanggal Oktober 2008 di Aula Kantor Desa Tegallinggah.

ANAJEMEN PENGELOLAAN PKBM

Dalam Pelaksanaan Programnya agar Administrasi berjalan lebih baik dan adanya saling control maka  untuk memudahkan dan mempercepat Pelaksanaan kegiatan PKBM akan mengeluarkan Surat Keputusan / SK  Penanggung Jawab masing-masing kegiatan secara Otonom.

Dalam Pengeluaran SK nantinya akan dibuatkan Job , Fungsi Peran dan Tanggung Jawab  menyesuaikan dengan Sifat dan Fungsi Kegiatan yang terjadi pada masing-masing Unit Kegiatan. Dan Segala jenis bantuan dipertanggung jawabkan Pembidangan / unit masing-masing.

Demikian secara singkat gambaran Yayasan  “ MITRA FAJAR LESTARI “, mudah- mudahan dari niat yang baik ,Tuhan memberikan jalan dan petunjuk bagi kita semua dalam upaya membawa PKBM untuk bisa mewujudkan program yang telah direncanakan

Amlapura, Juli 2009

Yayasan “MITRA FAJAR LESTARI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: