KOMITE SD

KOMITE SEKOLAH DASAR NO 1 .

TEGALLINGGAH

PENGERTIAN DAN TUJUAN.

Sebagai lembaga  mandiri yg di bentuk atas swakarsa masyarakat dalam mendukung pengembangan sekolah dengan menerapkan prinsip – prinsip demokrasi, transparan dan akuntabel dan menjadi wadah untuk menampung berbagai aspirasi, kritik, saran, sumbangan dan masukan dari para stakeholders pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pemerataan dan efisiensi pengelola pendidikan

TUJUAN

  1. Mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan  .
  2. Meningkatkan tanggung jawab dan peran serta dalam penyelenggaraan pendidikan
  3. Menciptakan suasana dan kondisi transparan , akuntabel dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yg bermutu di satuan pendidikan .

LATAR BELAKANG.

Pola Lama Pendidikan :

  1. Pendekatan yang digunakan adalah terlalu memusatkan pada Input Pendidikan spt ( Pelatihan guru,pengadaan buku dan alat pelajaran, dan perbaikan Sarana serta Prasarana pendidikan dipenuhi ) otomatis mutu akan baik, tetapi kenyataannya tidak seperti itu, karena  kurang memperhatikan Proses Pendidikan ( .
  2. Pendidikan Nasional diselenggarakan secara birokratik –Sentralistik., sekolah sangat tergantung pada keputusan Birokrasi, yg mempunyai jalur sangat panjang, dan sangat sering kebijakan yang dikeluarkan tidak sesuai dengan kondisi sekolah setempat, sekolah kehilangan kemandirian, motivasi, dan inisiatif untuk memajukan Lembaganya termasuk peningkatan mutu.
  3. Peran serta Masyarakat, khususnya orang tua siswa dalam penyelenggaraan Pendidikan sangat minim.Partisipasi Masayarakat umumnya berupa partisipasi dukungan INPUT ( dana ), bukan pada proses Pendidikan ( pengambilan keputusan, monitoring, evaluasi, dan akuntabilitas ).

Berdasarkan hal terebut diatas, ,maka dilakukan Manajemen Pendidikan menuju Pola Baru, manajemen Pendidikan Masa depan yang lebih bernuansa Otonomi dan yang lebih Demokratis. Dimensi Perubahan tersebut antara lain :

Subordinasi menjadi Otonomi, Pengambilan Keputusan Terpusat menjadi keputusan Partisipatif, Ruang gerak kaku menjadi Luwes, Pendekatan Birokratik menjadi Profesional, Sentralistik menjadi Desentralistik, Diatur menjadi Motivasi diri, Overregulasi menjadi Deregulasi, mengontrol menjadi mempengaruhi, mengarahkan menjadi memfasilitasi, menghindari resiko menjadi mengelola resiko, menggunakan anggaran secara efisien, Indipidual cerdas menjadi Team work yang cerdas, Informasi terpribadi menjadi

SUSUNAN PENGURUS KOMITE SD 1.  TEGALLINGGAH.

Pelindung                                                      : Perbekel Tegallinggah.

Klian Banjar Tegallinggah.

Penasehat                                                    : I Wayan Sura.

Ketua                                                              : I Komang SugiartaST.

Wakil Ketua                                                  : I Komang Meneng

Sekretaris                                                      : I Gede Wijana.

Bendahara                                                    : I Made Karang Parna

PEMBIDANGAN :

  • Bidang  Pendidikan                                   :  Wy Putu Astawa,Spd.   ,  I Kt Wirata.Sag
  • Bidang  Sarana dan Prasarana              :  I Wayan Sudana., I  Made Dirga.
  • Bidang   Penggalian Dana                        :  I Wy Pt Ardana. ,I Km Wardana.
  • Bidang Teknologi dan Jaringan            :  Made Sar,Nengah Jata.
  • Seni  dan Budaya                                        :  Wayan Sudiana.

Tugas / Job masing-Masing Pengurus dan Pembidangan :

PENJABARAN PERAN & FUNGSI KOMITE   SEKOLAH.

Pemberi Pertimbangan      Advisory   :

Memberikan masukan, pertimbangan, dan rekomendasi kepada satuan Pendidikan mengenai :

  1. Kebijakan dan Program Pendidikan.
  2. RAPBS,
  3. Kriteria Kinerja Satuan Pendidikan
  4. Kriteria Tenaga Pendidikan,
  5. Kriteria Fasilitas Pendidikan,
  6. Hal lain yg terkait dg Pendidikan

Pendukung ( Supporting )

  1. Mendorong orangtua dan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pendidikan.
  2. Menggalang dana Masyarakat dalam rangka Pembiayaan penyelenggaraan pendidikan.
  3. Mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.

Pengontrol ( Kontroling )

Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan program penelenggaraan dan keluaran Pendidikan.

Mediator

Melakukan kerjasama dengan Masyarakat.

ASPEK DAN FASILITAS ORGANISASI KOMITE SEKOLAH.

SDM

  1. Pengurus dan Anggota Komite Sekolah.
  2. Tenaga Administrasi dan Keuangan.

PRASARANA  FISIK  KANTOR

  1. Ruang Kantor ( bisa di sekolah ).
  2. Meja Kursi Rapat.
  3. Papan Tulis dan Papan data.

ADMINISTRASI   DAN  KEUANGAN

  1. Agenda dan Fail Surat Keluar dan surat Masuk.
  2. Daftar Hadir rapat-rapat seperti rapat Pengurus dan anggota.
  3. Notulen Rapat.
  4. Buku Kas.
  5. Rekening Bank.
  6. RAPBS.

DATA  DAN  DOKUMEN

  1. Dokumen AD/ART
  2. Panduan Umum.
  3. Acuan Operasional.
  4. Kepmendiknas NO 044/UI/2003.
  5. UU. No 20 th 2003 ttg Sisdiknas.
  6. Data Sekolah.
  7. Data Orang Tua Siswa.
  8. Data DUDI.
  9. Data Hasil Belajar Siswa.

POLA  KERJASAMA .

–             Masyarakat setempat sebagai stakeholders yang mana dalam perjalanan program komite sekolah senantiasa ikut di libatkan dalam memberikan masukan – masukan dan kritikan – kritikan dan bisa mengadakan kerjasama – kerjasama dengan potensi Desa.

–             Karena PAUD ada dalam satu areal  dengan SD 1 Tegallinggah, yang mana keberadaan PAUD akan mendukung tersedianya calon murid Sekolah Dasar yang sudah memiliki Dasar-dasar persiapan masuk ke jenjang Sekolah asar.

–             Hubungan komite sekolah dengan PKBM Tegalinggah merupakan dua lembaga yg mempunyai hubungan yg sangat erat , sehingga Yayasan/  PKBM nantinya bisa menghubungkan dengan Lembaga-Lembaga Lainnya, baik Pemerintah maupun Lembawa swadaya.

–             Hubungan komite sekolah dengan Dinas / Intansi khususnya Dinas Pendidikan akan saling terkait dan adanya saling pemahaman sehingga program pendidikan bisa di tetapkan secara lebih efektif .

–             Hubungan komite sekolah dengan guru – guru merupakan satu kesatuan yg saling melengkapi, sehingga bisa saling memberikan masukan – masukan dan bisa memahami sehingga hubungan antar dengan guru dan guru dengan komite sekolah berjalan dalam keharmonisan dalam bentuk propesional.

PROGRAM KERJA

Mengacu kepada Materi Inti Penajaman Pemahaman Organik secara menyeluruh, disemua sector bekerjasama dengan Para Praktisi dan Konsultan. Dalam Pelaksanaannya mengacu kepada membuka wawasan dan harapan kedepan yang lebih cerah. Dalam pelaksanaan Pembelajaran, guru-guru diharapkan mampu menghubungkan setiap mata Pelajaran dengan pemahaman dan aplikasi Organik, dengan memnafaatkan teknologi Komputer dan Internet.

Kelembagaan  Komite.

Pros Membuat suatu rapat- rapat / pertemuan yg membahas keorganisasian dan peran kelembagaan .

  1. Membuat struktur kepengurusan komite yang demokratis tranparan dan akuntabel , dan ada jabaran fungsi, tugas dan tanggung jawab masing-masing Pembidangan.
  2. Proses administrasi dan persiapan organisasi yang bagus dengan Tertib Administrasi dan Pengarsipan yang baik.
  3. Mengundang berbagai komponen alumni dan potensi masyarakat dan orang tua murid saat kenaikan kelas mengadakan suatu dialog utk  menyerap masukan – masukan masyarakat

Proses Belajar Mengajar.

  1. Guru lebih meningkatkan Ilmu Pengetahuannya dengan memberikan Perhatian yang lebih Efektif kepada murid.
  2. Guru diharapkan punya pemahaman yang lebih kepada  Lingkungan Hidup  dengan Konsep Organik.
  3. Guru bersama Komponen lainnya meningkatkan ketrampilannya dalam hal penggunaan Komputer dan pemanfaatan Internet.

Bangunan Dan Kelengkapan Sarana.

  1. Membuat Gambar Site Plan dan Lay Out Plan Sekolah sebagai Acuan untuk pengembangan Pembangunan kedepan dan mengusulkannya kepada Dinas/Instansi.
  2. Memikirkan sarana bermain yang cocok dengan kondisi sekolah tanpa mengurangi keamanan sekolah .
  3. Adanya perpustakaan sekolah yg memadai, untuk menumbuhkan kegemaran membaca pada murid yang mana bisa bekerjasama dengan Program PKBM .
  4. Sarana belajar keterampilan , seperti  , menganyam keterampilan usaha / komputer dan Internet bersinergi dg Sanggar Telematika.

Kegiatan Extra Kurikuler

  1. Memperkuat dan melengkapi Ketrampilan Anak dalam mempraktekkan computer dan Internet yang diperkuat dengan bahasa Inggris.
  2. Bekerjasama dengan pihak / Lembaga terkait dalam hal memberikan pemahaman anak-anak tentang Organik, kebersihan Lingkungan, pengolahan Sampah.
  3. Melakukan Uji Coba di Sekolah dengan memanfaatkan Nutrisi Organik dengan Teknik member pupuk pada tanaman jangka Pendek maupun Tanaman Jangka Panjang.
  4. Menerapkan Nutrisi Organik di Kolam tempat Pemeliharaan Ikan, sekaligus melakukan uji coba.
  5. Bisa bekerjasama dengan banjar  Tegallinggah dalam pemanfaatan pelalatan gong dan bisa sekali latihan tari .
  6. Acara pemahaman dan pembelajaran kidung / wargasari dan pemahaman agama bisa di dampingi guru sekolah agama dari pelatih wargasari yang langsung dilaksanakan setiap acara purnama tilem setelah itu di lanjutkan Dharma Wacana dan kemudian di lanjutkan acara persembhyangan bersama muda – mudi Tegallinggah .
  7. Kegiatan Olah Raga, diadakan kegiatan olag Raga / Yoga, melengkapi baik olah Tubuh maupun Mental Spiritual

Tegallinggah , 10 Juli 2009

Komite Sekolah Dasar No 1  Tegallinggah.

I Komang Sugiarta,ST.

Ketua

Responses

  1. Maju terus Tegallinggah…
    Perlu perjuangan dan pengorbanan untuk mencapai sebuah tujuan!!
    Keep your spirit!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: