Oleh: Komang Sugiarta | Agustus 11, 2010

FORUM KIM ( KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT ) KARANGASEM

Forum KIM Karangasem  Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pemberdayaan Masyarakat.

DSC00641 Bali terkenal dengan sebutan Bali seribu Pura, Bali Pulau Cinta, Bali Is Paradise, Bali Island Of God, Bali menuju Pulau Organik, bali Clean and green, dan banyak sebutan lain tentang bali yang indah. Lantas apa yang ada di Karangasem yang sampai saat ini masih merupakan salah satu dari 199 Kabupaten / Kota Tertinggal di Indonesia,yang terletak diujung timur Pulau Bali, padahal sesungguhnya Karangasem menyimpan Potensi yang cukup besar, sangat Potensial dikembangkan Pariwisata Spiritual, yang selain alamnya yang masih Alami, ditunjang dari Banyaknya Pura Tempat Suci yang ada di Karangasem, ditunjang lagi dengan Kearifan Budaya Lokal, Lembaga Subak, Banjar Adat, Desa Pekraman yang mendukung Pariwisata seperti Pertanian. Sector UKM dan Koperasi jika dikembangkan secara Optimal. Dan sebagai contoh di Karangasem yang menghasilkan product Kerajinan Ate, Kerajinan Bokor, Kerajinan Tenun , juga Salah satu contoh sector Pertanian , yang mana sekarang lagi digiatkan kesektor Pertanian Organik, dalam arti luas menyangkut sector pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan. Adapun product tersebut adalah Product Salak Organik, VCO Organik, Mete Organik, Wine Salak, Daging ayam kampung Organik termasuk beras organic.

membajak-1 Kalau kita berbicara tentang Image Tentang Desa … , Apa sih yang ada dibenak Orang disaat menyebut Desa?, Mendengar kata Desa , pesan yang ada identik dengan kemiskinan, kondisi Lingkungan yang terbelakang, baik secara ekonomi, pendidikan , taraf hidup dan sebagainya. Bertempat tinggal di desa sepertinya tidak punya Gengsi/ kebanggaan. Karena persepsi yang terbentuk seperti itu anak muda meninggalkan Desanya ke Kota, tidak mau berprofesi sebagai Petani, kalaupun di Desa belum bekerja lebih baik dan lebih bergengsi mereka menjadi Pengangguran. Gambaran tentang angka Kemiskinan yang ada di Masyarakat, hal yang mendasar jelas akibat tingkat pendidikan yang kurang memadai, kurangnya akses informasi dan kurangnya ketrampilan, sehingga peluang Pekerjaan yang ada tidak bisa diraih

DSC01399 Perkembangan teknologi informasi di Kabupaten Karangasem, sebagaimana juga di Kabupaten lain, telah berkembang secara cepat. Perkembangan teknologi informasi tidak hanya menyentuh seluruh lapisan yang ada di masyarakat perkotaan, instansi, sekolah di dalam kota saja, tetapi sudah merambah ke daerah pedesaan dan masyarakat kelas menengah kebawah. Dan sangat ironis juga fakta di Lapangan yang ada masih banyaknya sumber daya manusia khususnya yang berada di marjin kemiskinan menyebabkan kesempatan untuk memperoleh Informasi secara utuh sangat minim, bahkan hampir tidak ada, Sehingga akan membawa dampak yang berujung pada lumpuhnya penyebaran informasi dan pertukaran informasi dalam persaingan bisnis global dan berujung pada kemiskinan yang sesungguhnya .

Terbentuknya Forum KIM Karangasem, sebagai bentuk penyikapan akan Peluang yang telah diberikan oleh Pusat dalam pengembangan dan pemanfaatan IT begitu terbuka, dan kondisi yang telah mengglobal, ditambah lagi kenyataan di masyarakat terjadi perubahan yang demikian besar dalam hal pemanfaatan Sarana Informasi khususnya dikalangan Anak- anak Muda. Forum KIM yang telah dibentuk oleh dinas Kominfo, belum bisa berbuat banyak untuk memberikan bantuan akan keberadaan KIM di Karangasem yang tercatat 68 KIM dari jumlah KIM di Bali sebanyak 86 KIM, setara 79 % Lembaga KIM ada di Karangasem. Sedangkan di Karangasem dari jumlah 68 KIM yang telah dibentuk, 6 KIM sudah ditetapkan menjadi KIM Percontohan, dan dari keenam KIM yang ada yang dimotori oleh KIM Gatra Wahana membentuk Forum KIM Karangasem.

DSC01860 DSC01859 Pembentukan Forum KIM di karangasem-bali  , yang mungkin pertama kali Indonesia yang difasilitasi Dinas Kominfo Karangasem, tertanggal 1 Agustus 2010 , sebagai wujud apresiasi Prakarsa Buttom Up Lembaga Sosial Kemasyarakatan yang merupakan keinginan KIM yang ada khususnya 6 KIM percontohan membentuk Forum KIM sebagai wadah bersama Lembaga KIM dan sebagai Mediasi antara Masyarakat dan Pemerintah/ Dinas / Instansi dalam mempercepat penggunaan IT secara Benar. Dengan terbentunya Forum KIM Karangasem, yang ditindak lanjuti dengan mengadakan Diskusi Terbatas / sarasehan yang difasilitasi Dinas Kominfo , tanggal 11 Agustus 2010 dengan 6 KIM Percontohan yang bertempat di Dinas Kominfo, Perbekel, Dinas/ Instansi terkait seperti Bapeda Karangasem, Disperindag, Pertanian, Peternakan, Dinas Perkebunan dan kehutanan, Dinas Budpar, Dians Koperasi dan UMKM, Dinas Pemdes ( pemberdayaan Masyarakat Desa ), Kabag Humas Dalam Hal ini Forum KIM Karangasem akan berjuang terus mensosialisasikan Forum KIM , sehingga 68 KIM yang ada sekarang di Karangasem bisa menjadi Anggota Forum , dan keberadaan KIM akan lebih dikenal dan lebih diperhitungkan , sehingga layak diajak kerjasama dan berguna untuk Masyarakat.

Adanya inisiatif pembentukan Forum KIM Karangasem yang dibentuk 6 ( enam) KIM , yang mana masing-masing dari keenam KIM ini memiliki Potensi yang perlu diinformasikan dan dipromosikan dengan potensi Lokal yang dimiliki , Seperti :

  1. KIM gatra Wahana , dengan Koperasi Organik Indonesia membuat program Pertanian Organik seperti beras dengan varietas unggulan seperti beras merah, beras Coklat dan beras Hitam.
  2. KIM Werdi Guna Nongan, dengan Potensi, Dodol Nongan, Peternakan dan Perkebunan.
  3. KIM Eka Mandala Putra Sangkan Gunung , dengan Potensi Pertanian dan perkebunan
  4. KIM Widia Dharma Bugbug, dengan potensi Pariwisata Desa Budaya dan Pembibitan Bronstock Udang Terbesar di Indonesia.
  5. KIM Wertha Jagaditha Culik, Abang , terkenal dengan Perkebunan Mete Organik, dan Kerajinan Bambu.
  6. KIM Kuncara Giri Sibetan dengan Potensi Agrowisata dan Sentra Salak bali berikut olahannya seperti wine salak, dodol salak dan kripik salak .

Forum KIM Karangasem mempunyai misi agar KIM yang ada di Karangasem bisa dibuat Integrated dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi dengan menampilkan informasi dan Potensi yang ada di Lingkungannya. Forum KIM menyadari akar kemiskinan yang ada dimayarakat adalah akibat faktor Pendidikan,dan kurangnya akses Informasi yang diterima. Masyarakat yang cerdas dapat memanfatkan IT secara benar

DSC01442 DSC01450 Dengan IT Paradigma tentang Desa Miskin, Petani bisa lebih bermartabat dengan masuknya Internet sampai di desa. Slogan yang ada sekarang dengan istilah-istlah Desa ‘pinter’ , Desa berdering, Desa Digital , Desa Cyber, Desa Online, Desa Global, tidak hanya menjadi slogan semata. Dengan terbentuknya Forum KIM , yang bisa berkoordinasi dan membuat program lintas sektoral dengan Dinas / Instansi tentunya akan menjadi sangat bermanfaat untuk mengurangi kesenjangan informasi ditingkat Masyarakat, tidak terbatas hanya di Karangasem saja, bahkan dibentuk jaringan antar KIM di Propinsi Bali . Begitu juga dengan Pemanfaatan IT, sesuai dengan Janji Visi dan Misi Bupati Karangasem saat berkampanye dan Program yang telah dirintis oleh Bupati seperti Dermaga Kapal Pesiar di Tanah Ampo , Pasar Seni di Manggis, Pembenihan Bronstock di Bugbug bisa saling mendukung dalam Informasi dan yang menjadi perhatian adalah seberapa jauh Forum KIM dapat berkiprah untuk Anggota KIM dan Masyarakat, menunjukkan dirinya adalah KIM yang Independen dan Mandiri.

Untuk hal tersebut kami bersama teman di Forum KIM Karangasem lagi menyiapkan Portal web : http:// Organikbali.org dan menyiapkan Web KIM http://gatrawahana.organikbali.org.

  • Amlapura, 10 Agustus 2010
  • Ketua Forum KIM Karangasem
  • Komang Sugiarta,Email : prusugi@gmail.com

Responses

  1. KIM (Kelompok Informasi Masyarakat)
    BERSAMA WARISBI
    Menuju Terwujudnya Desa Informasi

    Pada era milenium saat ini kebebasan serta perkembangan Informasi dan komunikasi sudah menjadi hak individu dalam arti seluas – luasnya, mengapa demikian karena dengan perkembangan dunia ini masing – masing individu dapat mendapatkan segala informasi serta dapat melakukan komunikasi dari seluruh penjuru dunia dengan mudah dan biaya yang relatif murah, namun demikian sebagai masyarakat yang bergaul dalam tata pergaulan masyarakat dunia tentunya kita sebagai salah satu bagian bangsa di dunia harus dapat melakukan dan berbuat untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut sebagai sarana yang lebih produktif dan positif baik bagi pribadi atau bagi masyarakat luas. Hand Phone sebagai sebuah sarana komunikasi juga sudah menjadi “ life style “ masyarakat di Indonesia baik ditingkat perkotaan, maupun pelosok pedesaan, Handphone sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat, tingkat ketergantungan komunikasi individu dengan relasi, teman bisnis, sahabat, pacar, suami atau istri dsb semakin tinggi, tetapi penggunaanya masih terbatas pada kebutuhan itu saja dan belum dapat dioptimalkan buat kepentingan lain yang jauh lebih bermanfaat terutama bagi kepentingan individu atau pribadi secara financial maupun kepentingan masyarakat, oleh karenanya kami Warisbi memberanikan diri menawarkan kerjasama dengan Kelompok Informasi Masyarakat kabupaten / Kota. dalam menciptakan Kemandirian sebuah kelompok dengan berbagai peluang bisnis melalui optimalisasi Hand Phone. Warisbi Sebagai sentra Informasi sekaligus sebagai sentra Bisnis berkehendak KIM mengembangkan jaringan bisnis di wilayah kabupaten / Kota, dengan memberdayakan para Ketua RT dan RW di seluruh wilayah kabupaten / Kota agar tercipta sebuah jaringan bisnis yang luas, dan diharapkan dari kerjasama ini dapat menunjang biaya operasional, administrasi KIM, RT dan RW agar keberadaan organisasi sosial ini diharapkan bisa mandiri, sekaligus dapat memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan para pelaku sosial tersebut ( Bapak / Ibu Pengurus KIM, RT dan RW ), apabila mereka dapat bergabung dengan Warisbi dengan mengoptimalkan perangkat Hand Phone sebagai sarananya.
    WARISBI ( Warung Informasi Bisnis )
    Sebuah wadah jaringan bisnis dengan mengoptimalisasikan Handphone CDMA / GSM sebagai salah satu sarananya.
    Warisbi berdiri sejak tahun 2006, berdirinya Warisbi berawal dari sebuah keprihatinan terhadap minimnya informasi dan promosi tentang keberadaan pelaku – pelaku usaha kecil / mikro atau para tenaga ahli atau para tukang berbagai keahlian ( tukang talang, tukang kayu, dll ) yang tersebar di wilayah kabupaten / Kota Dari pengamatan kami bahwa pelaku usaha kecil / mikro atau para tenaga ahli / tukang sebagaimana tersebut, mereka tidak pernah mendapatkan ruang promosi yang tepat karena ada beberapa faktor kendala yang dihadapi antara lain mahalnya biaya promosi baik melalui media cetak / koran maupun media elektronik, serta tidak adanya wadah yang dapat berfungsi sebagai fasilitator mereka dalam hal promosi.

    Dari uraian tersebut diatas maka Warisbi berkeinginan bekerja sama dengan KIM untuk berbagi keuntungan dengan pelaku – pelaku usaha kecil / mikro atau para tenaga ahli atau para tukang berbagai keahlian yang tersebar di wilayah kabupaten / Kota untuk bergabung dalam satu wadah jaringan melalui sebuah komunitas dalam hal saling tukar menukar informasi dan promosi, dengan biaya yang relatif terjangkau dan murah melalui optimalisasi perangkat Handphone dan distribusi “ Katalog Warisbi “ secara periodik dengan harapan, mereka para pelaku – pelaku usaha kecil / mikro atau para tenaga ahli atau para tukang berbagai keahlian dapat mempunyai sebuah media promosi yang terorganisir, akurat, tepat sasaran dan murah.

    Komunitas Warisbi tidak hanya dibatasi pada saling tukar informasi dan promosi semata, namun bisa sampai tingkatan tumbuhnya kerja sama antar pengurus KIM untuk saling menunjang pergulatan bisnisnya demi terwujudnya KIM yang mandiri dan berdaya saing.

    Warisbi juga menjalin kerja sama dengan perusahaan – perusahaan Multi nasional yang nantinya diharapkan dapat menjadi bapak angkat dari usaha – usaha kecil / mikro tersebut.

    FORMAT KERJA
    PENGGUNAAN SMS CERDAS WARISBI

    SMS CERDAS dimaksud adalah sekali sms langsung terkirim ke semua nomor yang sudah terdaftar all operator bisa ratusan bahkan ribuan nomor
    TAHAPAN KEGIATAN
    1. Inventarisasi dan Pendataan
    Inventarisasi dan pendataan RT dan RW di seluruh Wilayah Kota Kabupaten, dengan pengisian formulir sebagaimana terlampir.
    2. Pendaftaran
    a. Seluruh data di daftarkan ke Warisbi untuk menjadi member yang selanjutnya akan terbangun jaringan RT dan RW di kabupaten / Kota dalam sebuah sentra informasi dan sentra bisnis.
    b. Para Ketua RT dan RW melakukan pendataan aktifitas warganya yang berpeluang dalam dunia usaha / bisnis atau yang memiliki potensi pemberdayaan peningkatan kesejahteraan yang lain,
    c. Setiap rt/rw disediakan papan informasi sebagai media informasi yang langsung bisa di baca oleh masyarakat.
    d. Kalau di mungkinkan terkoneksinya/ fasilitas internet sampai pada tataran RW bagi masyarakat bisa mengakses informasi melalui website.

    MANFAAT
    1. Bagi Pemerintah
    Dengan terbangunya jaringan tersebut keberadaan para Ketua RT dan RW sebagai kepanjangantangan Pemerintah kabupaten / Kota dapat maksimal dalam rangka sosialisasi kebijakan – kebijakan Pemerintah kabupaten / Kota kepada masyarakat secara cepat, tepat, akurat dan murah langsung kepada sasaran melalui program SMS CERDAS WARISBI
    2. Bagi Para ketua RT dan RW
    Mereka akan mendapatkan peluang bisnis dengan kedudukan sebagai RT dan RW, karena dengan bergabung dengan Warisbi keberadaan mereka akan secara otomatis akan menjadi bagian dengan dan dari member Warisbi kabupaten / Kota untuk dapat bersinergi tentang peluang bisnis melalui program sms cerdas

    CONTOH PELUANG BISNIS 1
     Layanan info jual beli melalui SMS.
     Penyebaran informasi yang cepat tepat efektif efisien (advertising network)
     Begitu juga dengan distribusi Katalog sangat menguntungkan bagi anggota Warisbi karena dengan biaya murah akan dapat diakses oleh banyak orang, karena katalog didistribusikan secara gratis kepada RT / RW !!!

    CONTOH PELUANG BISNIS 2
    Dari hasil pendataan potensi setiap Desa akan di dapatkan bermacam – macam potensi Wilayah maupun potensi SDM.
    Form Pendataan.
    No. N a m a Alamat No.Telp Profesi
    01 Joni Ds. singosari 7680846 Mebel
    02 Hendra Ds. singosari 7680876 Shoting Vidio
    03 Dion Ds. singosari 7680987 Ahli Kunci
    04 Sony Ds. singosari 7680863 Pijat Urat

    Dari hasil pendataan ternyata di sekitar kita banyak profesi yang sangat kita butuhkan.
    Dari hasil pendataan dapat kita simpulkan :
    1. Dari tidak tahu menjadi tahu tentang potensi Wilayah / SDM Desa Kita.
    2. Mereka yang punya keahlian dari tidak berdaya menjadi berdaya.
    3. Masyarakat yang rumahnya terpencil sekalipun asal punya hp berpeluang bisa bersinergis dengan siapa saja.
    4. Asal punya HP dimanapun berada menjadi tempat usaha dan masih banyak lagi manfaat lainya.
    Dari uraian tersebut diatas apabila di setiap Desa ada Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM )Melalaui program pendataan & optimalisasi penggunaan HP akan tercipta Pusat Informasi & Pusat Bisnis , melalui optimalisasi tersebut juga akan tercipta kemudahan akses informasi kumunikasi antar Desa.
    Kemudahan komunikasi akan bermanfaat banyak hal.
    Besar harapan kami untuk bisa bekerja sama dalam kerangka pembangunan strategis di segala sektor, sehingga bisa terwujud Kelurahan / Desa Informasi menuju Masyarakat Informasi Sejahtera.

    Demikian atas kerja samanya disampaikan terima kasih.

    Hormat Kami

    HARI PURNOMO
    OWNER WARISBI

  2. Saya sangat mentambut baik dengan adanya KIM. Dimana kita tidak tertinggal lebih jauh lagi dengan informasi. Informasi akan sangat berarti kalau dihadapkan dengan situasi kemajuan jaman dan bagaimana kita harus membuka wawasan tentang situasi terkini.
    Dengan adanya KIM saya harapkan para petani (sawah, ladang, ternak, perikanan dan nelayan) tidak terus menerus menjadi korban tengkulak. Petani yang susah payah bekerja dan tengkulak yang jauh lebih banyak mendapatkan keuntungan.
    Berharap petani lebih bersemangat untuk menggeluti frofesinya dengan ditunjang layanan informasi yang memadai. Sehingga petani ikut serta merasakan kemajuan teknologi informasi yang menunjang kemajuan usahanya.

    Gus Basma.
    Karangasem.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: