Oleh: Komang Sugiarta | Juli 28, 2009

PERAN DUNIA USAHA

PEMBERDAYAAN  UMKM  DI  DAERAH TERTINGGAL

DI KABUPATEN KARANGASEM ,  BALI.

web-pasphotoApa yang ada dibenak Anda begitu mendengar Bali….. ?  Apa yang telah anda rasakan sekarang  setelah anda ada di Bali….?  Mungkin anda  sekarang ada di Denpasar dengan keindahan Pantai Kuta,…, Anda juga harus menyaksikan Daerah Lainnya di Bali, Kebetulan yang dijadikan Topik mengambil  obyek Kabupaten Karangasem. Bagi yang belum pernah ke karangasem, dengan sebutan Desa Tertinggalnya, di Bali terkenal dengan Product Gepeng nya,…. Terasa  amat berbeda dengan tempat kita sekarang ini, di ruangan ber AC, Panorama Alam Pantai dengan Deburan Ombak dan Toris yang lalu lalang.

Bali terkenal dengan Pariwisatanya, dan sesungguhnya anda sudah ada dijantung pusat Pariwisata Bali. Yang terkenal  dengan pemasukan dolarnya, Kenapa di Bali ada Desa Tertinggal …?, Karangasem yang termasuk Desa Tertinggal, Aneh memang kedengarannya, dan itulah Fakta , bahwa Karangasem termasuk deretan salah satu Nominasi Desa Tertinggal di Indonesia.

Kalau berbicara Potensi, Karangasem termasuk menyimpan Potensi yang sangat besar untuk dikembangkan…, Kenapa punya Potensi tetapi  Daerahnya miskin/ tertinggal… ? Aneh Khan..?  Kenapa banyak orang luar Karangasem yang menjadi Kaya dengan menggarap Karangasem dengan memanfaatkan product Karangasem dengan Label luar Karangasem …?.

Coba saya angkat berapa potensi Karangasem :

  1. Kerajinan Ata yang menyerap ribuan tenaga kerja dengan product  handmade dan dikerjakan di rumah-rumah penduduk sebagai pekerjaan sambilan…? Kenapa harus dikerjakan sambilan ….? .
  2. Di Daerah Kecamatan Rendang ada Produksi Bokor dari bahan Kuningan dan ada juga  yang dilapisi Perak, ternyata mereka dapat orderan dari Kabupaten luar Karangasem, dengan Cap Kabupaten Lain ….. ?
  3. Ada lagi di Daerah Pempatan Rendang dengan hasil hutan rakyatnya dipakai Patung dan masyarakat yang terlibat disana ribuan pembuat Patung, mereka memproduksi barang setengah jadi, dibawa keluar dipesan oleh Pengusaha dari luar, diphinishing ditempat mereka diluar Karangasem, dengan Cap Mereka.
  4. Potensi Batu Hitam, batu lahar Karangasem yang dulunya membuat orang meninggalkan Karangasem, sekarang menjadi bahan baku untuk membuat bangunan Pelingih/ pura, yang sekarang sudah banyak diproduksi sepanjang jalan By Pass Prof Mantra.
  5. Potensi Wilayah Lahan kering hampir 80% wilayah Karangasem, ada penghasil salak, Mete, kopi dan Cengkeh serta coklat, bahkan sudah dibudidayakan Tanaman Rosella sejenis Tanaman lahan kering yang dikembangkan / ditanam di Daerah Muntigunung tempat asal gepeng, ternyata tumbuh baik. Yang jadi pertanyaan  mungkin berita rutin terjadi penangkapan Pedagang Arak Karangasem yang jadi sumber penghasilan keluarga, yang dikerjakan turun temurun katanya tanpa Legalitas, karena kadar alcohol  Produksinya melebihi kadar 5 %. Pertanyaannya sekarang Pemerintah Karangasem, getol membina Produksi Wine di sentra salak dan Wine Mete di Sentra Mete lahan kering di Kubu dengan tujuan mulia, untuk memanfaatkan anjloknya harga buah disaat musim panen, padahal product tersebut mengandung alcohol lebih dari 5 % dan dari segi peredarannya belum mendapat legalitas….!!!! Dan catatan kami ini sudah menjadi masalah klasik yang belum ada jalan keluar, terutama ditingkat perdagangannya/ peredarannya.

Itu sekelumit paparan tentang Potensi Karangasem, Lantas Peran Pengusaha dimana ….?

Saya ambil contoh langsung, seperti di Karangasem Bali yang termasuk Desa tertinggal, peran apa yang bisa diambil Pelaku Usaha ? dengan Potensi Wilayah Pertanian hampir 80% merupakan  lahan kering.

  1. Peluang yang bisa diambil yaitu Kegiatan Usaha yang berbasis pertanian Organik, tidak hanya padi saja organic, salak Organik, di Kubu sedang  dikembangkan Mete Organik,di Abang dikembangkan Minyak Nilam Organik.
  2. Tenun Organik berbahan baku kapas local dan pewarna alam sedang dikembangkan untuk mendukung sector Pariwisata.
  3. Peluang Distribusi minuman beralkohol arak, termasuk wine salak dan Wine Mete.
  4. Dengan Lingkungan Alam yang cocok dilahan kering
  5. Peluang Pengemasan menjadi product yang menarik untuk dijual
  6. Potensi Ikan yang melimpah tidak terkelola Pasarnya dengan baik.
  7. Program di Pusat yang bagus, seperti one Vilage one Product belum dipetakan secara jelas
  8. Program Pusat dengan Industri Kreatifnya , yang mana sector handycraft termasuk salah satu industry kreatif.

Potensi Karangasem bisa diakses disini    www.karangasemcraft.com

SOLUSI :

Contoh Kami Umpamakan sekarang, gerak langkah bersama teman-teman ,Menggarap Sektor Peluang Usaha contoh Organik di Karangasem :

Mensinergikan Tiga Pilar antara Perusahaan PT, Koperasi Organik dan  Yayasan .

Ingin menggarap Potensi dengan memanfaatkan / mensinergikan ketiga Lembaga, dengan saling melengkapi dan saling menguatkan.Kenapa Harus ada Koperasi …? , Kenapa Juga harus dilengkapi dengan  Yayasan ….. ?

PT Organik : PT b10 Techindo Organik :

Berperan sebagai jembatan komunikasi dengan pihak Pabrik, dalam hal ketersediaan Product khususnya disini Pupuk Organik dan Nutrisi Ternak serta Ikan, dan masih alam pengkajian akan dikeluarkan product Pestisida Organik.Yang mana sekarang mempunyai member kurang lebih 500 member yang tersebar diseluruh wilayah Bali, sampai Lombok, dan beberapa wilayah di Pulau Jawa.

  1. Menggarap  sector Pertanian Organik dengan system Jaringan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi, Kebetulan punya hak Distribusi salah satu Product Organik .
  2. Memperluas member, dengan mengembangkan keluar  Daerah dengan Status Otonom membentuk Perusahaan Daerah.
  3. Dari Perusahaan  Daerah membentuk Spot Center yang fungsinya dalam hal mensuplai product-product kepada member di Wilayah masing-masing.

Koperasi Organik  Indonesia :

Seperti contoh sekarang PT sudah mempunyai Product Inti Pupuk organic Cair untuk Pertanian, Perikanan dan Peternakan.

  1. Setiap Perusahaan Daerah membentuk Koperasi Cabang dimasing-masing Daerah, yang berfungsi menjalankan Distribusi dimasing-masing Wilayah.
  2. Koperasi nantinya akan menjadi Spot  center dimasing-masing Daerah.
  3. Koperasi ini nantinya berfungsi memasarkan product-product organic , dari pupuk dan nutrisi makanan Ternak dan Ikan, juga tidak kalah pentingnya nanti memasarkan product-product  yang dihasilkan , seperti beras organic, buah , sayuran dan product lainnya.
  4. Koperasi bisa nantinya membantu Permodalan Anggota Koperasi, hal ini tujuannya mengurangi peran Tengkulak yang menekan keberadaan Petani/ Pelaku Usaha Kecil.

Yayasan :

Kenapa harus menggandeng Yayasan yang mempunyai misi sama dengan Koperasi dan PT atau CV, dengan tujuan pendampingan Pelaku dibawah, mensinergikan dengan Lembaga-Lembaga Lokal yang ada kalau di Bali disebut Subak, Banjar, Sekaa atau yang lain-lain.

Tugas Lembaga Yayasan :

  1. Mengadakan kerjasama dengan pihak-pihak, baik Pemerintah, Lembaga Donor dalam hal melakukan kajian atau dalam melakukan demplot.
  2. Melatih/ memberdayakan Pelaku Petani dalam hal penanaman, pemupukan dan pemeliharaan.
  3. Melatih/ memberdayakan Petani dalam hal mengemas Product pertanian, sehingga menjadi kemasan yang menarik dan layak jual.
  4. Pelatihan, Pendampingan Product seperti dalam hal Demplot atau yang lainnya.
  5. Yayasan ini nantinya bisa memberikan masukan-masukan sama Pemerintah, Dinas/ Instansi dalam  Rapat Porum/Pertemuan atau membuat usulan saat-saat dibahas di Musrenbang ditingkat Kabupaten atau Propinsi.

Itulah gambaran sekilas, tentang kondisi UMKM Karangasem, dengan segala keterbatasannya yang sesungguhnya menyimpan potensi yang besar untuk dikembangkan. Janganlah Lahan Kering dijadikan Alasan untuk terus berdalih agar tetap  dapat beras miskin/ Raskin. Janganlah alasan bahwa didaerah saya adalah Desa Terpencil .Asal ada kemauan semua pihak bersinergi dan bekerjasama saling mendukung dan saling menguatkan pasti Karangasem akan bisa mengejar ketertinggalannya dari Daerah yang lain.

Akankah  kita masih saling ego sektoral …?

Komang Sugiarta.www.karangasemcraft.com.

www.tegallinggah.wordpress.com

email : prusugi@gmail.com


Responses

  1. Memang bnar dan s ya stu7.Dngan bpbk.Kita akan membngun karangasem , pak,

  2. SAYA SALAH SATU PETANI DAN PEDAGANG ROSELA TEH MERAH DI KEDIRI JAWA TIMUR INGIN NUMPANG MEMASARKAN HASIL PERTANIAN ROSELA DARI DAERAH KAMI YG MERASA KESULITAN DLM PEMASARANYA, BERMINAT HUB. KAMI A/N SUKARWAN NO HP087858831027 HARGA IKUT PASAR KWALITAS SUPER

  3. grosir TEH MERAH BUNGA ROSELA MEAH DAN UNGU BERMINAT HUB; 087858831027

  4. ROSELLA ADALAH SALAH SATU KOMODITAS TANAMAN HERBAL YG SANGAT BAGUS UNTUK DIKEMBANGKAN. KAMI SIAP MELAYANI PARTAI KECIL ATAU BESAR SECARA KONTINYU. ANDA BERMINAT??? HUB. MARLINE SUMITOMO HP.082131295766. SALAM DARI TULUNG AGUNG JATIM.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: